Online Hotel Reservation

Rabu, 28 Maret 2012

Brotowali

Nama ilmiah (Tinospora crispa.(L)) Miers atau Tinospora tuberculata/Tinaspora rumphii

Nama Daerah
Antawali ( Bali) dan andawali 9 Sunda). Di Jawa terkenal denga nama bratawali,putrawali dan gadel.

Ciri-ciri Umum.
Botowali termasuk famili Menispermaceae. Merupakan tumbuhan liar yang banyakdi temukan di Jawa, Bali dan Ambon.tumbuh baik di daerah ketinggian 0-1.000meter dpl. Merupakan perdu memanjat. Tinggi batang mencapai2,5meter. Di alam,brotowali digunakan sebagai tanaman penutup tanah karena tidak ada pemyangga sebagai tempat memanjat.Batangnya sebesar jari kelingking dan berbintil-bintil rapat.. Daunnya tunggal,bertangkai,berbentuk seperti jantung atau agak bulat telur dan beujung lancip. Bunganya kecil, bewarna hijau muda dan berbentuk tandan semu.

Kandungan kimia

Batang dan daun mengandung alkaloid,damar lunak,pati,glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin,harsa,berberindan palmatin.Akarnya mengandung alkoloid,berberin dan kolumbin.

Khasiat dan Manfaat
Memiliki rasa pahit dan sejuk. Tanaman ini berkhasiat sebagai analgetik atau menghilangkan rasa sakit, antipiretik atau menurunkan panas dan melancarkan meridian atau aliran cairan limfa.

Bagian Tanaman yang di Dunakan
Batang yang masih segar.

Cara Pengunaan
Rebus batang brotowali segar 10 cm dengan 4 gelas air hingga menjadi satu gelas didinginkan dan saring,minum 2 kali sehari 1/2 gelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar