Online Hotel Reservation

Selasa, 27 Maret 2012

Daun Sendok

Nama Ilmiah (Plantago major L)

Nama Daerah
Daun urat, otot-ototan, daun urat-uratan(Jawa), ekor angin,kuping,manjangan(Melayu), kiurat, ceuli ucal (Sunda), torongoat (Minahasa).


Ciri-ciri Umum
Tumbuhan terna tumbuhan dari famili Plantaginaceae.Tanaman yang tumbuh liar di hutan,ladang,atau padang rumput yang lembab ini memiliki tinggi 15-20 cm. Berdaun tunggal.Bentuk daun bulat telur dengan panjang 5-10 cm. Tepi daun tampak bergigi dan tidak teratur. Permukaannya licin dan agak berbulu. Bunga majemuk,warna putih,tersusun dalam buliran.


Kandungan Kiamia
Bijinya mengandung asam planterolik,protein musilago,aucubin,asam suksinat,adenin,akholin,cholin,katalpon,syringin,dan flavanone glycoside.Selain itu juga mengandung plantasan yang terdiri dari xylose,arabinose,asan galakturonat,dan rhamnose.Biji daun sedok juga mengandung asam lemak yang terdiri dari palmitat,stearat,arakhidat,oleat,lenoleat,dan linolenat.Secara spesifik herba daun sendok mengandung plantagin,aukubin flavonoid (apigenin),asam ursolik,beta-sitosterol,n-hentriakontan,dan planta glusida yang terdiri dari metil D-galakturonat,D-galaktosa,dan L-rhamnosa.Selain itu juga mengandung tanin,kalium,vitamin B1,C,dan A.


Khasiat dan Manfaat
Bijinya dapat meningkatkan pengeluaran urea,asam urat,dan sodium klorida melalui urine.Digunakan untuk mengobati rematik gou dan menurunkan kadar asam urat darah.Kalium bersifat peluruh kencing yang dapat membuang kelebihan asam urat dan menurunkan endapan garam kalsium yang terdapat dalam ginjal dan kandung kencing.Aukubin dapat meningkatkan sekresi asam urat melalui ginjal,sebagai hepatoprotektor,dan antiseptik.Apigenin berkhasiat sebagai antiradang yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada rematik gout akut.

Bagian Tanaman yang Digunakan
Seluruh bagian tanaman yang kering dapat digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati rematik.


Cara Penggunaan
- Daun 5 lembar dilumstkan,gosokkan ke bagian yang sakit
- Masak akar dengan minyak kelapa,sehingga dihasilkan minyak untuk obat gosok salah urat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar